web lelang jual beli uang kuno koleksi numismatik filateli perangko prangko indonesia

kintamoney.com
1,132,181 items 20,278 active items kintamoney.com on facebook kintamoney.com on twitter
switch to English  log in (lupa password?) atau  daftar sekarang!
Panduan Untuk Pembeli Luar Negeri

Guna memberikan kemudahan dan kepuasan pembeli luar negeri untuk melakukan bid pada item yang diminati dan supaya tidak terkendala hanya dikarenakan seller tidak memiliki account PayPal, maka admin Kintamoney.com berinisiatif untuk mengatasi kendala tersebut dengan menetapkan bahwa semua seller Kintamoney wajib melayani pembeli luar negeri terlepas mempunyai account PayPal atau tidak.

Jika Anda memiliki account PayPal, maka silakan bertransaksi dengan pembeli luar negeri menggunakan account PayPal Anda.

Bagi seller yang tidak mempunyai PayPal, admin dan beberapa seller akan membantu untuk menangani pembayaran melalui PayPal yang selanjutnya akan ditransfer ke rekening seller pemilik barang. Adapun seller yang dapat membantu menampung pembayaran PayPal antara lain:
Proses pelayanan pembeli luar negeri bagi seller yang tidak memiliki account Paypal sbb:
  • Setelah mendapatkan pemberitahuan lewat email bahwa item tertentu dimenangkan oleh pembeli dari luar negeri, maka segera kirim invoice ke pembeli dalam US$. Cara membuat invoice US$ sama dengan cara membuat invoice dalam Rupiah, bedanya sebelum mengisi ongkos kirim, ganti mata uang dari Rupiah ke US$. Gunakan rate yang telah ditetapkan admin yang ada di invoice. Dengan mengklik icon dari Rupiah ke US$ maka secara otomatis harga berubah menjadi dalam US$.

  • Ongkos Kirim. Bila paket kiriman berisi uang kertas yang relatif ringan dan dengan pembungkusan yang efektif, maka ongkos kirim biasanya berkisar antara US$ 5-6.

  • Setelah invoice dalam US$ dikirim, segera informasikan ke pembeli lewat inbox bahwa invoice sudah dikirim sekaligus disertai dengan pertanyaan apakah pembeli menghendaki item yang dimenangkan untuk dihold (ditunda pengirimannya) dan apakah masih ada item lain yang masih dibid sehingga item yang satu dan yang lain dapat digabungkan pengirimannya (combining shipment) agar mengirit ongkos kirim. Berikan waktu tambahan 3 hari sehingga paling lambat 7 hari agar invoice dilunasi. Sertakan PayPal accountnya. Bila tidak mempunyai Paypal account, bisa menggunakan paypal Account admin atau salah satu seller diatas.

  • Setelah invoice dikirim ke pembeli dan bila anda terkendala bahasa Inggris, berikut bahasa Inggris yang bisa Anda informasikan ke pembeli lewat inbox kintamoney message:

    "As I do not have PayPal Account then you could transfer the payment to this Paypal Account ...(sebutkan rekening PayPal). If you are willing to combine shipping for other items which you might still biding, please let me know so I will keep your won item until you're ready to settle down the invoice. My frend who own that PayPal account will help me to send you the invoice in US$. If you have any further inquiries please contact the administrator by clicking the "contact" button or email to kintamoney99@yahoo.com.
    Thank you for purchasing
    Kind Regards, (sebutkan nama anda)


    Jasa pengiriman yang harus dipakai untuk pengiriman ke luar negeri adalah dengan layanan "Registered Mail" Pos Indonesia atau pos tercatat luar negeri yang dikenal di kalangan pegawai pos Indonesia dengan nama R-Luar Negri atau disingkat dengan R-LN. Sedangkan untuk isi paket bernilai lebih dari $300 sebaiknya dianjurkan ke pembeli supaya menggunakan jasa pengiriman EMS kantor Pos yang dapat dilacak statusnya (Trace & Track).

    Klik di sini untuk melihat tarif kiriman pos internasional.

    Untuk negara yang belum tercantum dalam daftar di atas, dapat dicari di http://ems.posindonesia.co.id/ratepiol.php (pada kategory surat RLN/Surat Register Luar Negri).

Tips pengiriman paket ke luar negeri
  1. Pengiriman ke luar negeri yang murah dan aman, yaitu dengan menggunakan jasa Pos Indonesia yang disebut "Registered mail" dan dikenal di Kantor Pos Indonesia sebagai Registered Luar Negeri disingkat RLN atau dalam daftar harga di web kantor pos sebagai "Surat RLN". Karena beban biaya berdasar berat, maka gunakan pembungkus yang efektif dan aman, seperti menggunakan kertas manila karton dengan tipe 500 gram, dipotong sesuai kebutuhan. Bila mengirim uang kertas agar diberi kelebihan space di bagian atas untuk menghindari uang kertas di dalamnya terkena klip/steples.
  2. Segel setiap sudut amplop dengan menggunakan isolasi / selotape putih bening yang lebar
  3. Tulis alamat yang jelas dan harus disertai dengan nomor telepon penerima, kemudian cantumkan kata "sender" di atas alamat anda.
  4. Pada prinsipnya pengiriman ke luar negeri sama dengan pengiriman paket dengan Pos tercatat. Counter untuk pengiriman R-Luar Negeri biasanya sama dengan counter pengiriman Pos Tercatat di Kantor Pos. Anda mungkin akan ditanya apa isi paketnya. Katakan saja paket berisi foto; brosur atau dokumen, tidak perlu mengatakan di dalamnya adalah barang koleksi. Biasanya mereka bertanya hanya untuk basa-basi. Bila isinya harus melalui pemeriksaan maka paket harus dibongkar terlebih dahulu, untuk itulah katakan saja foto / brosur. Sambil mengirim paket pertama, kenali petugas counter dengan berbasa-basi. Hal tersebut penting, biasanya pengiriman kedua dan seterusnya tidak akan ditanya lagi.
  5. Sebelum meninggalkan counter kantor pos, cocokkan alamat dan nomor telepon yang ada di paket dengan yang ada di tanda terima harus sama persis.
  6. Setelah paket terkirim, agar informasikan segera nomor Registered / nomor resi ke pembeli melalui email dan melalui Kintamoney Message. Informasikan juga ke seller yang membantu bahwa paket sudah dikirim.
  7. Pengiriman paket dengan registered mail (R-Luar Negri) tidak memakai asuransi.
  8. Simpan tanda terima pengiriman yang mungkin suatu saat diperlukan bila paket yang dikirim mengalami hambatan. Syarat mutlak dalam pengaduan adalah dengan menunjukan tanda terima pengiriman asli.
  9. Pengiriman paket dengan Registered Mail (R-Luar Negri) biasanya memerlukan waktu antara 9 s/d 21 hari, dengan toleransi 30 hari. Hanya untuk negara-negara tertentu kadang memerlukan waktu antara 1,5 - 2 bulan. Adapun negara-negara yang sering terlambat dalam penerimaan paket adalah Italia, Turki, negara-negara di Amerika Selatan dan negara-negara Eropa Timur.

Tentang kintamoney.com

Hubungi kami

Site map

FAQ

Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Dengan menggunakan web ini berarti Anda telah menerima User Agreement dan Privacy Policy dari Kintamoney.com